Black Box Pesawat lion Air JT 610 Sudah Ditemukan! Apa itu Black box?

Selamat datang di Blog topviralme.blogspot.com postingan saya kali ini akan mengupas mengenai black box pesawat lion Air JT 610 Sudah Ditemukan, jadi bagi anda yang sedang membutuhkan berita ini maka artikel kali ini tentu saja akan membantu anda untuk mengetahui nya.

Black Box Pesawat lion Air JT 610 Sudah Ditemukan! Apa itu Black Box?

Black Box Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di sekitar laut dekat karawang, Jawa barat, akhirnya berhasil ditemukan oleh anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Mengapa black box ini penting, ya? Yuk, cari tahu dulu asal-usulnya.

Black box atau Kotak hitam diciptakan oleh Dr. David Warren dari Australia. Idenya diambil dari tape recorder yang bisa merekam suara. Alat rekaman ini dimasukkan dalam kotak baja yang kuat supaya tidak ikut hancur dalam kecelakaan pesawat terbang. Kotak ini juga dilapisi dengan lapisan tahan panas. Umumnya black box diletakkan di bagian belakang pesawat. Bagian ini diyakini menjadi bagian yang paling utuh bila terjadi kecelakaan pada pesawat. Dalam black box, ada dua peralatan yang berbeda, nih. Yang pertama, ada Flight Data Recorder (FDR) yang merekam seluruh instruksi yang dikirimkan secara elektronik ke sebuah pesawat. FDR merekam secara detail data-data penerbangan seperti waktu, ketinggian, kecepatan udara dan arah pesawat itu terbang. Kemudian, ada Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merekam percakapan di dalam kokpit, yaitu komunikasi antara awak pesawat di kokpit, percakapan dengan petugas di menara pengawas, dan suasana di kokpit. Semua pesawat terbang harus dilengkapi dengan alat ini. Meski tidak memengaruhi penerbangan, alat ini penting untuk menjadi bukti saat terjadi kecelakaan pesawat. Karena alasan itulah, black box menjadi sangat penting saat tim penyelamat melakukan pencarian.

Kotak hitam pesawat terbang
Kotak hitam pesawat terbang

Mengapa Warnanya Oranye? Rupanya pemilihan warna oranye ini dimaksudkan agar kotak ini mudah ditemukan saat terjadi kecelakaan pesawat. Warna oranye yang terang akan mudah dilihat oleh tim pencari, terutama di kedalaman air yang membatasi penglihatan mata mereka. Asal black box sendiri ada banyak ceritanya, nih, teman-teman. Ada yang mengatakan kalau pada awalnya kotak ini diwarnai dengan cat warna hitam. Kemudian pendapat lain mengatakan kalau warna hitam terjadi karena bagian luar kotak ini terbakar. Istilah black box ini menjadi terkenal dalam pemberitaan, sehingga istilah ini digunakan sampai sekarang.

Keyword : pesawat lion air jatuh, pesawat lion air terbaru, pesawat lion air jatuh 2018, kotak hitam di pesawat berwarna apa.

Oke, Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pesawat lion Air JT 610. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Komentar

Posting Komentar